HOME     DANCE     F&B     FASHION     IDEAS     OUTFIT     MUSIC     PERSONAL     PORTFOLIO     TRAVEL



December 4, 2010

Ayo Membaca!

Banyak orang bilang "Semakin baik kamu membaca, maka akan semakin baik kamu menulis." 

Pertama denger, gue langsung yang "apasih?!". Saat itu gue berpikir kalau membaca dan menulis ga ada korelasi secara langsung. Frekuensi lo melakukan salah satunya ga akan mempengaruhi atau berdampak apapun pada yang satu lagi. It's a whole different thing. Lo mau baca ya baca, mau nulis ya nulis. Ga ada hubungan antara keduanya. No string attached. Who's the idiot behind that quote?

Jadilah gue melewati hari-hari dengan santai. Membaca jika mau membaca. Menulis jika mau menulis. That simple. Ga ada beban yang merasuki pikiran gue kalo gue harus terus membaca agar bisa menjaga kapabilitas gue dalam menulis. Besides, my writings are not THAT good. Fakta kalau gue cuma seorang mahasiswa yang hanya ingin bisa menulis malah membuat gue rileks dalam membuat sebuah tulisan. Gue bukan seorang penulis besar yang harus terus berusaha menghasilkan tulisan atau buku yang akan membuat orgasme rutin bagi para pembaca setianya setiap kali membuka lembar demi lembar bukunya. So, i'm as cool as vanilla ice! B-)

But it's not like i'm too dull to read or write something regularly. GUE BISA KOK DAN GUE MAMPU MEMBACA & MENULIS SESUATU YANG HIGHLY-ADVANCE DONE! (hahaha gue selalu membayangkan kalo huruf kapital akan memberi efek teriak yang sangat dramatis) Iya, jadi maksudnya itu karena gue ga menekan diri gue untuk melakukan hal-hal tersebut bukan berarti gue ga tertarik. Gue dengan percaya diri bisa bilang kalo gue cerdas, baik dalam bidang akademis ataupun 'sekolah dunia'. Pengalaman gue banyak dan pergaulan gue luas. Membaca dan menulis sudah merupakan santapan gue dari kecil. I have no trouble to do those shits. (except laziness)

Namun kini ku tahu.. kau sudah ada yang punya.. sekarang gue baru sadar kalo pepatah, frase, ucapan trendi masa kini, atau apapun itu di atas yang gue kasih tanda petik dan gue italic-in adalah sesuatu yang benar. Damn, it's absolutely correct. Gue berasa orang tolol tiap gue mengingat kalo gue ga percaya kata-kata itu. I mean, how could I miss the point? Reading? Writing? D'oh?! See? Sekarang pun gue masih ga bisa mengekspresikan maksud dan tujuan gue ngomong sesuatu ke dalam tulisan dengan benar. I guess i just plain suck at writing. I can never be a professional writer or publish a best-seller kick-ass book. I don't know how to do it (yet?)

Dengan membaca, kita akan lebih fleksibel dalam berpikir karena kita udah pernah dapet input baik dari cara menulis, inspirasi, ekspresi, dan approaching para penulis-penulis yang kita baca tulisannya. Secara otomatis, kita akan melakukan hal yang.. sama, tapi bukan ngejiplak. More like getting inspired! Semakin banyak inputnya maka akan semakin banyak pula option yang bisa kita pakai saat mau menulis ide pribadi kita. Tanpa harus menjiplak.

Intensitas gue menulis di blog ini yang naik turun adalah salah satu penyebab yang membuat gue sadar akan hal itu. Disamping gue mengalami a major difficulty pas bikin tugas-tugas semester 5 ini yang menuntut adanya skill menulis yang baik dan pas bikin sebuah 'secret project' yang juga mengharuskan gue memiliki inspirasi yang luas untuk dituang jadi tulisan, gue rasa blog ini baru saja menjadi some sorta 'wake up call' for me to start dragging my ass off and grab at least a page of book to read. I feel like i'm lacking of inspirations recently. Atau mungkin saat gue udah punya sesuatu untuk dibahas, hal itu langsung tenggelam dan hilang dibawa arus "ah-gue-bingung-gimana-cara-nulis-yang-keren". Atau saat gue udah menulis beberapa paragraf, tau-tau.. boom! that's it! dead lock! gue gatau lagi mau nulis apa. Lagi-lagi.. tenggelaaam dan hilaaang..

What the hell is wrong with me?

"Should i really READ now? I can read, but should i do it like.. NOW? It can wait you know.. I can do it.. later.." 

Bro! Kapan majunya nih kalo ditunda-tunda mulu? Gue udah semester 5, dan bentar lagi mau UAS dan abis itu semester 6, trus 7, trus 8, trus.. SKRIPSI! Mau nulis apa gue nanti kalo skill gue masih kacangan begini? Walaupun nantinya i'll end up sleeping, or watching DVD, or pointlessly clicking around Twitter & Facebook, setidaknya gue coba dulu deh. Baca 1 buku aja dulu per minggu. Diselingi baca tweets dan blogs orang-orang yang inspiratif dan pandai menulis. Memang masih terdengar agak klise dan 'apasih' bagi gue, tapi entah kenapa gue memiliki perasaan positif tentang hal ini. Gue yakin gue masih punya waktu untuk berkembang.

Jadi ayo membaca! :)

No comments

Post a Comment