HOME     DANCE     F&B     FASHION     IDEAS     OUTFIT     MUSIC     PERSONAL     PORTFOLIO     TRAVEL



August 30, 2010

Kontes Kecantikan

Yap! Gue selalu suka melihat wanita cantik dan sexy, apalagi kalau mereka berjumlah banyak. dan make baju renang. dan gaun malam. dan jalan pake high-heels sambil mengibaskan rambutnya yang digerai indah. dan... okay you know the rest of them. Benar sekali, sekarang gue akan membahas the well-known, the amazing, the so-called beauty pageant, Miss Universe!

Jadi beberapa hari yang lalu, semua mata tertuju ke Amerika Serikat. People said there was a celebration of universal beauty going on over there. Las Vegas menjadi saksi dimana 83 wanita mengusung kultur dan budaya berbeda dari negara masing-masing untuk 1 tujuan, yaitu menjadi Miss Universe selanjutnya.

Tepatnya hari senin lalu (23/8), setelah saling hampir mati penasaran bertatap muka satu sama lain dengan Yendi Phillipps, Miss Jamaica, akhirnya Jimena (atau Ximena?) Navarrete Rosete dari Mexico terpilih menjadi Miss Universe 2010. Mematahkan harapan 'hattrick' Venezuela yang udah menang 2 tahun lalu berturut-turut, Jimena (atau Ximena?) berhasil menyisihkan 82 wanita-wanita maha cantik dari seluruh dunia dan membawa pulang bouquet bunga, selempang, dan pastinya mahkota khas Puteri Sejagat tersebut kembali ke 'negeri telenovela'. Selain Jamaica, beberapa makhluk berparas dan bertubuh tidak-masuk-akal-indahnya dari negara-negara lain pun turut menemani Miss Mexico di 5 besar. Yaitu Ukrania, Filipina, dan Australia.
ini dia top 5 kita.. eh top 4 deng. yang paling kiri alien.
Setelah melalui proses audisi panjang, karantina, dan akhirnya malam final yang diadakan di Mandalay Bay Resort and Casino, Las Vegas, 83 wanita (yang katanya) paling cantik, pintar, dan berperilaku baik di dunia ini akhirnya mendapatkan keputusan para juri yang sudah dinanti-nantikan. Menurut gue pilihan para negara peserta Miss Universe overall udah tepat dengan nurunin wakil-wakilnya tersebut. Waktu babak National Costume kita bisa liat kebanyakan wanita-wanita tersebut mengenakan baju daerah negaranya emang cantiknya dan sexynya subhanallah banget sih. Cuma ya adalah beberapa yang menurut gue blangsak dikit mukanya, contohnya Zambia, India, dan Filipina si muka ndeso' kaya laki tapi berhasil masuk 5 besar. Mungkin otaknya cerdas atau berkepribadian menarik, tapi tetep aja buat gue, mengganggu banget.
nih penampakan Venus Raj, dari Filipina. serem.
and then continue to the next rounds, swimsuit and evening gown! they are all smokin' hot! semuanya nampak syur dengan dua bahan kain yang menutupi 'anu' dan 'anu' mereka, serta nampak elegan dengan balutan gaun malam yang flowy, sparkly, and gorgeously stunning! Sayangnya ga ada yang kepleset dan jatoh gedubrak dalam Miss Universe 2010 ini, baik pas babak bikini yang make selendang2an keperak-perakan milenium apalah itu ga jelas yang bikin ribet dan pas babak gaun malam yang kebanyakan ukuran buntut gaunnya panjaaang banget. Yah, paling keserimpet2 dikit adalah ya, tapi ga banyak yg noticed juga kayanya. Falling women are always entertaining.

Hmm.. btw ada yang kurang gak yah dari review sangat singkat gue barusan? Hmm.. apa yah? kok kayanya ada yg ganjeeel gitu. OH IYA! INDONESIA! (hmm sok lupa)
83 kontestan Miss Universe 2010 dgn bikini. Indonesia beda sendiri di tengah.

Okay. So. Indonesia. Hmm.. how should i start this? Ya, yang jelas perwakilan kita namanya Qory Sandioriva dan memakai baju adat papua yang amat keren bin mantep! Qory juga memilih memakai dan menjadi satu-satunya peserta yang make one-piece swimsuit di kontes bergengsi ini. Terlepas dari kontroversi yang udah dari dulu diperdebatkan berbagai kalangan di Indonesia tentang keikutsertaan Indonesia dalam ajang yang mengharuskan peserta memakai beha dan kancut ini, gue menilai langkah Qory dan Indonesia ini sebenarnya bisa jadi ide brilian buat meraih nilai lebih dari juri dengan cara tampil beda dari yang lain. Kalau dari segi masalah kebudayatimuran yang agak absurd konten dan batasan2nya serta cenderung ke munafik, menurut gue sih gak ngaruh juga mau two-piece kek, one-piece kek, naruto kek (eh?), kayanya aurat yang diumbar cukup banyak untuk dikategorikan 'bukan budaya timur'.
i could say something about this pic, but i won't :p
Tapi sayangnya menurut beberapa sumber, seperti koran, internet, dan akun Twitter teman-teman saya yang tukang gosip, Qory mungkin ga berhasil menang dan bahkan ga masuk 15 besar Miss Universe 2010 karena masalah berat badan dan penggunaan bahasa Inggris. Kalo masalah berat badan sih kayanya masih fine2 aja tuh dilihat dari foto di atas (terlebih karena selera personal penulis yang lebih condong ke cewek berbadan curvy). Cuma ya memang bahasa Inggrisnya itu sih, yang agak, hmm, gmn ya, ya gitu deh. nih liat aja sendiri:

"..when you down, women can make you up.." -- Qory Sandioriva

Sedih gak sih? Sedih ya? Sedih banget gue abis nonton itu. Sampe keluar air mata. Tapi air matanya gara2 muter-muter di lantai, ketawa (ROFL). Maaf, tapi video di atas lucunya mengalahkan sedihnya. Way up way up 100 girlfriends box have beautiful sound (Y). Gue ga ada masalah sih sama cewek yang bahasa Inggrisnya kaya dia. Tapi gue ada masalah banget sama cewek kaya gini yang BISA JADI PERWAKILAN INDONESIA di ajang Internasional. This former Puteri Indonesia 2009 is remarkably having some issues with english. Tapi kok bisa jadi Puteri Indonesia? Gue lupa waktu itu gimana jalannya pemilihan Puteri Indonesia 2009 tapi yang jelas, juri tahun lalu melakukan kesalahan besar.

Kontes-kontes kecantikan seperti ini kan mengusung misi mencari wanita yang (katanya) memiliki kriteria 3B (Brain, Beauty, and Behavior), tapi menurut gue sih tetep aja dari namanya udah "Kontes Kecantikan". Jadi nomer 1 yang harus lo punya untuk menang adalah, ya apalagi kalo bukan, wajah yang cantik. Brain dan Behavior datang setelahnya. Contoh nyatanya ya si Jimena (atau Ximena?) ini. Mukanya sih emang angelic parah, tapi masalahnya (hampir sama dengan Qory) dia salah satu peserta yang make penerjemah pas jawab pertanyaan dengan bahasa Inggris. Yang berarti ga bisa berbahasa Inggris dengan lancar, padahal ini merupakan elemen yang sangat penting sebagai duta dunia. Tapi doi bisa menang kan? Bedanya ama Qory, doi tancap bhae' cas-cis-cus pake english mau bener apa salah. Our girl took risks! and for that, despite her lack of english, i personally give my standing applause for Qory.

Menangnya Jimena ini juga gue agak gak setuju karena pesaing ketatnya, Yendi Phillipps dari Jamaica, menurut gue lebih pantas untuk menang. Jujur dari awal gue udah jagoin Miss Irlandia dan si Yendi ini. They got my full attentions! Memang Yendi adalah seorang wanita berkulit hitam yang menurut banyak orang tidak menarik. But for me, this ebony is a full package! Setelah gue amati berkali2 dari siaran ulang dan interviewnya di YouTube, Yendi itu cantik banget, badannya bagus, level of confidence-nya tinggi, ramah, murah senyum, dan satu lagi yang paling penting, mahir berbahasa Inggris. Kalo mau main cantik2an mah relatif sih. Jimena sama Yendi ga jauh beda cantiknya. Tapi yang gue gasuka dari Jimena tuh dia nampak angkuh, senyumnya ga tulus gitu deh, yang kaya "Oh hey look at me, I'm pretty and you're not. Say everything you want but i still win this damn pageant, bitches! I'm one hot sexy latino spice!" haha terdengar sangat judgmental dan subjektif, tapi emang kaya gitu gerak-gerik si latina bonita itu menurut gue.

Jadi intinya sih lomba-lomba kaya gini bersifat relatif dan ga bisa ditebak. There are just three who know which girl that will be the winner: God, judges, and 'the-man-behind-the-screen'. Ya, menurut beberapa teori konspirasi yang muncul di masyarakat, Miss Universe merupakan sebuah showbiz yang sarat akan bau uang dan bisnis kotor. Banyak orang-orang berspekulasi kalau acara ini dimonitori dan diatur sedemikian rupa atas kehendak beberapa pihak dengan tujuan-tujuan tertentu, contonya the big boss dalam dunia bisnis yang berinisial DT. Gue sih ga peduli sama hal itu. Dibalik itu semua, penonton cukup disuguhkan dengan sebuah acara tahunan yang pastinya sangat menarik dan menghibur. Apalagi kalo ada yang jatoh. Beuh. Langsung 100 macem remix di YouTube bermunculan.

Kalo dari perspektif gue sebagai mahasiswa HI (haha sok jurusan-isme), gue memandang ajang ini sebagai some sort of 'Mini United Nations'. Where else can you find representatives of 83 different countries gathering around together with love (and boobs) in peace? They are all beautiful in their own way. They use everything they got to promote their nations to the entire world, put aside every conflicts or major issues in their countries, and focus on getting to know each other's culture. I think that is the beauty of beauty pageant.
here is J/Ximena, the so-overrated Miss Universe 2010.
Yendi Phillips, runner-up can be meant you run faster upon the winner. Keep inspiring people!

p.s. all images are taken from google.

No comments

Post a Comment